Posting pertamaku di Pelatihan Blog BaKTI

Image

Seorang teman mengirim pesan singkat beberapa hari yang lalu, “Katanya mau ikut pelatihan blog di BaKTI. Sudah 24 orang yang terdaftar. Kuota cuma 30 orang. Ayo cepat kirim email konfirmasi sekarang juga”.

Spontan buyar konsentrasiku di pertemuan review penawaran sekolah-sekolah, bersama teman-teman Bappeda dan Dinas PU. Beberapa kali mencoba mengakses email lewat HP tapi tidak berhasil, sinyal benar-benar sedang lemah pagi itu. “Mungkin kah kuota sudah penuh?”, saya sudah mulai gelisah.

Tidak putus asa begitu saja, saya tinggalkan ruang pertemuan untuk segera menelpon ke teman. Memintanya untuk mendaftarkan saya menggunakan alamat emailnya. Sepuluh menit kemudian, teman saya mengirim pesan singkat, “Berhasil. Sahabat BaKTI sudah mengirimkan list peserta. Namamu terdaftar”. Lega rasanya.

Sebenarnya sudah beberapa kali diajak untuk ikut pelatihan serupa oleh teman, tapi selalu saja ada halangan. Kali ini saya tidak mau melewatkan kesempatan. Apalagi pelaksanaannya di hari libur kerja. Beruntung bisa bergabung menjadi sahabat BaKTI.

Pelatihan Blog, “Nge-Bloglah, Maka Kau Ada” diselenggarakan pada hari Sabtu, tanggal 3 November 2012 di kantor BaKTI. Dilatih oleh Ipul Daeng Gassing. Salah seorang Blogger senior dari komunitas blogger AngingMamiri.

Materinya meliputi apa itu blog, jenis-jenis blog, penyedia layanan blog, tips membuat blog, hingga praktek langsung membuat blog.

“Akhirnya bisa buat blog dan posting pertama“, batinku. Memang benar apa yang dikatakan oleh Daeng Gassing, “Buat blog itu mudah, menjaga konsistensi yang sulit”. Membuat blog tapi jarang posting tulisan, tentu membuat blog tidak efektif. “Agar bisa menjaga konsisten,  maka nge-Blog harus fun dan sesuai passion”, daeng Gassing melanjutkan.

Bukan hanya cara membuat blog dan beberapa trik yang diberikan pada pelatihan ini. Daeng Gassing juga menyampaikan beberapa etika dalam nge-blog. Salah satunya adalah tatkala kita membuat postingan yang mengundang polemik, dan ada yg komentar kontra, maka jangan sekali-kali menghapus komentar tersebut. Akan jauh lebih baik membuat postingan baru dan mengakui jika ternyata opini kita pada postingan sebelumnya salah.

Advertisements

6 Comments (+add yours?)

  1. rahmanramlan74
    Nov 03, 2012 @ 15:52:45

    Cerita yang menarik. Layak utk dipublikasikan di BaKTI News.

    Reply

  2. marniearianto
    Nov 06, 2012 @ 03:54:14

    Terimakasih sudah ikut di Pelatihan Blog nya Sahabat BaKTI. Tulisannya bagus-bagus mba Unga. Tetap semangat postingannya yah 🙂

    Reply

  3. bungatongeng
    Nov 07, 2012 @ 09:56:20

    Makasih apresiasinya mba Marni. Kedepan, saya coba tulis kegiatan program kami, khususnya Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) di sekolah dan di masyarakat.

    Reply

  4. adhefarid
    Nov 08, 2012 @ 02:13:33

    ka’ bunga …., thanks tulisanta inspiratif, ditunggu tulisan berikutnya

    Reply

  5. bungatongeng
    Nov 08, 2012 @ 11:21:05

    Alhamdulillah jika bisa menginsipasi.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: