A Good Day to Die Hard

Terlewat nonton Die Hard? No no no. Jangan sampai deh. Seminggu lebih teman-teman kampus sudah heboh cerocoki saya dengan info film. Teman di Kantor pun sudah mulai ngajak nobar. Tapi kerjaan menumpuk. Mana bisa nonton?.

Hingga kemudian di minggu lalu, tiba-tiba saya pulang kampus agak awal. Naaah..waktunya melihat aksi Bruce wilis.

Saya tak bakal menulis alur cerita seri ke-5 dari sekuel Die Hard ini, tapi saya akan bercerita singkat pengalaman saya menonton film ini. Die Hard selalu menarik buat saya, bahkan sebelum saya menontonnya.

Alasan terkuat yang membuat saya mewajibkan diri nonton film ini (selain karena telah nonton film sebelumnya) adalah karena penasaran dengan Bruce Wilisnya. Seperti apa sih aksi dia setelah 20 thn lebih (semoga tidak salah) membintangi Die Hard hingga seri 5 ini. Sekarang dia sudah tua kan?

Aha! Bruce Wilis masih tetap saja pas dan menawan tuk film Die Hard. Meski sudah tua, keriput makin jelas, tapi masih tetap caekp, tegap dan lincah. Aksinya? Seperti biasanya, dijamin keren.

Sebuah kalimat yang paling saya suka, yang diucapkan berkali-kali oleh John McClane di Die Hard 5 ini adalah I’M in VACATION. Seolah ingin berkata “gue lagi liburan lho, bukan sedang bertugas”. Atau justru ingin berkata “gue sedang liburan aja, sudah kayak begini, gimana kalo sedang tugas”.

Film ini menggambarkan seorang John mcClane yang sedang mencari sang anak tuk memanggilnya pulang. Seperti bapak pada umumnya, John mc Clane digambarkan sebagai seorang bapak yang mencurigai anak laki2nya terlibat kriminal atau narkoba.

Sebuah kisah proses memanggil anak pulang ke rumah yang penuh aksi laga. Masih di menit-menit awal, film ini sudah menghabiskan banyak duit tuk aksi kejar-kejaran mobil. Aksi nekat di jalan demi mengejar sang anak, Jack mcClane, bikin penonton jadi tegang.

Film yang mengambil lokasi di Moskow ini, berhasil membuat saya dua kali salah tebak alur ceritanya. Busyet deh.

Meski film laga, tapi film ini agak sentimentil juga lho. Ada curhat2an dua orang tua tentang anak mereka. Ada kisah cinta unik, dua org bapak dengan anak mereka masing2. Dan serunya adalah, itu terjadi pada mcClane dan si mafia Moskow (namanya Yuri, kalo tidak salah. Dasar pelupa).

Adegan klimaksnya, ketika pasangan mcClane bersama putranya dan si Mafia bersama putrinya, mulai saling serang alias baku tembak. Seru dan menegangkan tentunya. Apa ini dikategorikan film laga keluarga yah? Emang ada kategori kayak gitu?.

Secara keseluruhan, saya menikmati 3 hal dari film ini; kalimat “I’m in Vacation” yang diulang2 di beberapa adegan dan jadinya lucu, keindahan Moskow, alur cerita yang membuat saya dua kali salah tebak.

Satu hal lagi, ketika John berkata kepada Jack, anaknya “kamu adalah mcClane Junior,” saya menangkapnya sebagai sinyal bahwa jika seri Die Hard ke-6 akan dibuat, maka sang Bruce Wilis akan pensiun dan digantikan oleh mcClane Junior.

Bagi yang penasaran, silahkan nonton dan identifikasilah, di bagian mana saya salah tebak alur cerita.Image

Advertisements

1 Comment (+add yours?)

  1. ola
    Jul 05, 2013 @ 03:42:53

    sebelum film yg ke-5 ini, ada LIVE FREE OR DIE HARD (DIE HARD 4) di tahun 2007
    jadi nggak sampe 20 tahun lah 🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: