Serunya Postingan Pertama di Kompasiana

Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh.

Sabtu. Saatnya belajar menulis lagi, mumpung ajang motivasi ngeblog 8 minggu belum usai. Saya suka sekali dengan tema minggu ini. Seandainya saya tidak ngeblog. Mengapa? Seperti yang telah saya tulis sebelumnya, sebagai blogger pemula, yang baru memiliki 25 postingan, saya justru menerima kejutan di postingan pertama saya. Dan Pagi ini, saya kembali dikejutkan oleh postingan saya. Bukan di blog ini, tapi di blog kompasiana.

Dua hari ini, 23-24 Mei 2013, saya ikut duduk manis dan menyimak di Festival Jurnalisme Warga 2013. Di kegiatan ini, saya bertemu mas Pepih Nugraha, pengelola Kompasiana. Rencananya Sabtu ini, saya mau menulis bahwa seandainya saya tidak ngeblog, mungkin saya tak pernah bertemu Pepih Nugraha. Tapi karena nama mas Pepih akrab dengan kompasiana,  maka saya iseng-iseng mengunjungi kembali blog kompasiana saya, yang sejak posting pertama dan satu-satunya, sudah jarang saya kunjungi. Pernah berkunjung, hanya untuk balas comment.

Sebelum bercerita bagaimana serunya postingan pertamaku di kompasiana,  saya ingin bercerita dulu bagaimana sampai saya bisa buat blog di kompasiana.

PeDe Gabung Komunitas

Untunglah saya ngeblog, karena akhirnya saya bisa gabung sebuah komunitas yang isinya perempuan semua dan sebagian besar adalah emak-emak seperti saya. Kata orang, jika bergaul dengan pencuri, maka bakal ikut jadi pencuri. Jika bergaul dengan orang-orang yang doyan nulis, semoga saya juga jadi doyan ikut nulis. Amin.

Bisa dibilang bahwa saya ini tergolong orang yang PeDe over dosis waktu itu. Dengan modal hanya 11 postingan di blog yang baru saya buat, saya dengan PeDenya gabung komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN). Syukurnya, karena ibu Korwil yang tarik masuk saya ke group FB IIDN. Kami kenalan di acara TEDx waktu itu, saya lupa bulan berapa. Yang jelas, setelah saya cek group, rupanya saya gabung komunitas tersebut di 5 bulan lalu. Tak terasa.

Ingin gabung AngingMammiri, tapi postingan belum banyak dan belum bisa memenuhi salah satu syarat, yaitu pernah hadir kopdar. Kopdarnya sering di malam hari, sih. Saya seorang ibu bekerja yang tidak rela melepas waktu bersama keluarga saya di malam hari, untuk keluar kopdar. Lagipula, lokasinya jauh.

Kembali ke group IIDN. Di Group inilah saya sempat berdiskusi singkat dengan seorang Ibu yang rupanya sangat rajin menulis di blog kompasiana nya. Saya bertanya ke ibu tersebut, bagaimana cara membuat blog di kompasiana, apa bedanya dengan blog di tempat lain dan apa keuntungannya.

Buat Blog dan Menelantarkan

Teman IIDN yang saya belum pernah bertemu muka langsung itupun menjelaskan dengan telaten, melalui kolom komentar di salah satu status di group IIDN. Dan dalam waktu singkat, jadilah blog kompasiana saya. Saya pasang foto profil, mulai meminta pertemanan dan kemudian saya telantarkan, karena tak saya isi dengan tulisan sama sekali.

Saat membuka kompasiana tadi, sempat lihat bahwa saya gabung jadi kompasianer di 20 Januari 2013. Dan tiga bulan kemudian, di tgl. 21 April 2013, saya berhasil mengisinya dengan sebuah tulisan.

Waktu itu, saya berfikir bahwa tulisan saya yang berjudul “Geng Imut Untuk Indonesia” patut dibaca oleh banyak orang. Bukan karena kualitas menulisnya yah, karena saya baru saja belajar menulis. Tetapi karena pesan yang ada di dalamnya. Saya berharap bisa menginspirasi banyak orang untuk membangun Indonesia menuju negeri besar yang lebih baik. Dan setahu saya, pembaca kompasiana sangat banyak.

Blogger Pemula Yang Beruntung

Harus saya akui bahwa saya benar-benar terinspirasi oleh Bung Frist dari Geng iMuT, yang malam itu share pengalamannya di kantor BaKTI. Tak mau kehilangan memori dari momen inspiratif itu, saya tergerak untuk menuliskannya. Mungkin inilah gunanya menulis, merekam jejak, termasuk jejak-jejak inspiratif. Saya baru menyadarinya saat itu.

Tulisan tentang Geng iMuT saya posting di blog ini, dan juga saya posting di Kompasiana, bukan dengan harapan jadi highlight, tapi sekedar agar ada orang lain membaca dan terinspirasi.

Share Postinganku oleh BaKTI

Share Postinganku oleh BaKTI

Senang sekali ketika tahu bahwa postingan pertama saya di kompasiana, diapresiasi oleh teman-teman BaKTI. Pun, tahunya dari seorang teman yang menyapa di whatsapp “Kak Bunga, menulis di Kompasiana yah?”. Kok tahu?

Karena masih belum 100% PeDe dengan tulisan-tulisan saya, saya jarang sekali menautkan blog ke facebook ataupun twitter milik saya. Rupanya teman membacanya di page BaKTI. Berbunga-bunga rasanya ketika tahu bahwa orang lain share tulisan saya.

Serunya lagi, saya baru menyadari satu hal di pagi ini, ketika berkunjung ke blog kompasiana saya. Postingan pertama saya dibaca oleh 400 orang lebih, diberi 45 jempol di FB, 8 di Twitter dan 1 orang yang tak kukenal, menyatakan bermanfaat. Andai saya tidak ngeblog, saya takkan memperoleh surprise seperti ini.

Untuk ukuran seorang yang baru belajar menulis, saya berkata ke diri saya bahwa saya adalah blogger pemula yang beruntung. Salam Blogger.

Sisi Kiri Postingan adalah Surprise Untukku

Sisi Kiri Postingan adalah Surprise Untukku

Advertisements

3 Comments (+add yours?)

  1. shaela Mayasari
    May 26, 2013 @ 11:35:14

    Pasti senang ya Mbak..Postingan pertamanya di kompasiana di apresiasi banyak orang.. Saya juga pernah mengalami hal itu, hanya iseng mengirim naskah di kompasiana, mengkritisi film Habibie Ainun. Eh ternyata banyak yang menanggapi positif. Jadi, jangan pernah pesimis Mbak dengan tulisannya. Selama kita menulisnya dengan hati, pasti akan mengena di hati pembacanya. 🙂

    Reply

  2. bungatongeng
    May 26, 2013 @ 14:55:42

    Harusnya begitu. Tapi entah mengapa susah pede. Maklum, pemula.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: