Blogger Pemula di Ajang Festival Jurnalis Warga 2013

Tulisan ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu ketujuh.

Seandainya saya tidak ngeblog, maka saya tidak akan duduk di sini selama 2 hari (23-24 Mei 2013). Di Gedung Iptek Unhas, bersama 200 orang lainnya yang sedang mengikuti Festival Jurnalis Warga, dengan tema “Gaungkan Suara Kita”.

Kegiatan super keren ini, diinisiasi oleh program KINERJA-USAID dan Jurnal Celebes, bekerjasama dengan berbagai pihak, dengan tujuan untuk saling share antar sesama Jurnalis warga, Blogger dan para Jurnalis media meanstream profesional, bagaimana jurnalisme warga bisa mendorong peningkatan layanan publik.

Saya bukan berasal dari KINERJA-USAID, bukan pula seorang jurnalis warga, apalagi seorang wartawan. Saya hanyalah seorang blogger pemula. Lalu mengapa saya bisa hadir di sini?

Tanggal 16 Mei 2013, di tengah-tengah meeting revisi budget bersama teman-teman fasilitator di kantor UNICEF,  HP saya bergetar. Karena bukan giliran untuk memaparkan hasil revisi, maka dengan sigap, saya mencuri kesempatan untuk membuka HP. Sebuah email dari mbak Sherly, staff Bursa Pertukaran Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI) kuterima.

Membaca subyek emailnya, Undangan. Jari dan mata saya spontan berkolaborasi lincah, mencuri waktu sambil memasang ekspresi wajah seolah tetap fokus pada meeting. Untunglah, isinya suratnya tidak panjang, bisa dilahap dalam semenit.

Seketika hatiku melonjak-lonjak. Jam makan siang terasa lama sekali. Ingin cepat-cepat mengunduh dan mengirim kembali form yang menjadi lampiran undangan ini. Ya, saya diundang sebagai sahabat BakTI, untuk ikut Festival Jurnalisme Warga.

Jika melihat tujuan email itu, hanya 10 orang yang diundang untuk mengikuti festival. 10 orang tersebut terdiri atas staff dan sahabat BaKTI. Lagi-lagi saya beruntung,  dari ratusan orang sahabat BaKTI, saya yang terpilih. Padahal saya bukan jurnalis warga. Berbeda dengan Denassa, seorang sahabat BaKTI yang juga turut diundang. Denassa adalah seorang jurnalis warga selama beberapa tahun.

Tanpa bertanya ke BaKTI, saya coba menebak-nebak sendiri, dengan tingkat keyakinan 90%. Tebakan saya, dua tulisan singkat, hasil belajar menulis saya di blog yang ada hubungannya dengan kegiatan BaKTI, sepertinya menjadi pertimbangan BakTI memilih saya untuk diundang pada festival tersebut.

Wakil Rektor IV Unhas

Wakil Rektor IV Unhas

Dan tereeeeet…inilah saya. Tertawa lepas bersama peserta lain, saat mendengar presentasi Mas Pepih Nugraha (Kompasiana) tentang jurnalis investigasi. Ngangguk-ngangguk dengar celoteh Mas Budi Putera (CEO the Jakarta Post Digital) tentang bagaimana dia yang mundur jadi wartawan di sebuah media nasional dan memilih jadi blogger, mengelola Yahoo Indonesia, hingga menjadi CEO sekarang ini. Tersenyum salut melihat seorang perempuan cerdas dan cantik, yang tak lain adalah wakil Bupati Luwu Utara, memprotes salah satu dari slide presentasinya mas Pepih. Dan termangu mendengar cerita mbak Dina dari BBC Indonesia.

Mas Pepih & Jurnalisme Investigasi-nya

Mas Pepih & Jurnalisme Investigasi-nya

Bukan itu saja, saya berkenalan dengan banyak Jurnalis-jurnalis warga dari kabupaten lain di SulSel, dari Aceh, Papua dan Jurnalis Warga yang masih pelajar, yang banyak menulis tentang kesehatan reproduksi bagi remaja. Mereka semua memulai menulis dengan menjadi blogger.

Sayangnya, hal naas telah menimpa saya di festival tersebut. Hodie bag yang berisi CD, Kaos, dan catatan ku tentang proses festival di hari pertama, diminati oleh seseorang yang tak dikenal, sehingga dia membawanya pergi tanpa sepengatahuanku. Buku catatan itu adalah modalku untuk menulis di blog ini, tentang apa saja pembelajaran yang kuperoleh di sana. Hiks.

Apakah kelak saya bakal jadi Jurnalis Warga juga? Atau Pewarta Warga? Atau jadi Blogger? Yang pasti, saya mendapat kehormatan hadir di festival tersebut dan bertemu orang-orang yang inspiratif, karena saya telah memulai ngeblog.

Jurnalis Warga dari kalangan Pelajar. Diah Ayu Anggreini

Jurnalis Warga dari kalangan Pelajar. Diah Ayu Anggreini

20130523_121909

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: