Pencipta Kemiskinan

Mungkin semua orang pernah membaca ayat yang satu ini. Beberapa mungkin sudah berkali-kali membaca artinya, atau bahkan kita sering mendengarnya diulas berulang-ulang oleh Udztas atau Penceramah yang berbeda.

Ayat ini kemudian menjadi berbeda bagiku, entah oleh orang-orang yang hadir pada peluncuran buku 99 Mutiara Hijabers Kang Maman di toko buku Gramedia Mall Ratu Indah sore itu, 21 Agustus 2015 yang lalu.

Mengapa berbeda? Karena diam-diam aku membandingkannya dengan cara para Penceramah Agama atau pak Udztas yang pernah kudengar memaparkan ayat ini.

Peluncuran 99 Mutiara Hijabers

Peluncuran 99 Mutiara Hijabers

Kang Maman Suherman yang sore itu didampingi Astri Husain, seorang Ilustrator perempuan, yang mempercantik buku terbarunya dengan lukisan tangan miliknya, tiba-tiba melempar pertanyaan usai Ia bercerita tentang bagaimana Ia hanya diberi jatah Lima Puluh Ribu per bulan untuk kuliah di Jakarta.

“Allah sesungguhnya menciptakan sesuatu itu berpasang-pasangan, coba jawab pertanyaan saya” ujarnya saat itu. “Allah menjadikan tertawa dan ?, Mematikan dan ? Perempuan dan?” lanjutnya. Setiap kali melempar satu Tanya, pengunjung hampir serentak menjawab, berturut-turut, menangis, menghidupkan, dan perempuan. Lalu Kang Maman secepat mungkin menyusul dengan pertanyaan keempat, “Allah memberikan kekayaan dan?.”

Pertanyaan keempat sempat membuat yang hadir tidak menjawab sesegera pertanyaan-pertanyaan sebelumnya. Jeda beberapa menit, Kang Maman pun berkata, mari kita sama-sama mengecek Surat An-Najm ayat 43,44,45 dan 48.

Aku cuma bisa menertawakan diriku dalam hati. Seingatku, tak pernah ayat itu kuhapal di kepala. Mungkin pernah kudengar, tapi apa yah jawaban dari pertanyaan kang Maman yang terkait dengan ayat tersebut?.

Hal.44, Buku 99 Mutiara HIjabers

Hal.44, Buku 99 Mutiara HIjabers

Dan sesungguhnya Dia-lah yang menjadikan orang tertawa dan menangis, Dia-lah yang mematikan dan menghidupkan, Dia-lah yang menciptakan pasangan laki-laki dan perempuan dan sesungguhnya Dia-lah yang memberikan kekayaan dan kecukupan, demikian Maman Suherman membacakan isi keempat ayat tersebut.

Mengapa Ia bisa bertahan kuliah di UI dengan uang Lima Puluh Ribu Rupiah perbulan dari Ibunya? Karena Ia selalu percaya bahwa Allah tidaklah memberikan kemiskinan, tetapi akan selalu memberi kecukupan. Bagaimana ia memaknai hidup dengan ayat itulah, yang membuatnya menuliskannya di halaman 44, buku terbarunya.

Ya, kemiskinan itu diciptakan oleh kita sendiri, oleh sebuah kata, yang bernama”Syukur,” karenaAllah senantiasa memberikan kecukupan kepada kita, bukan kemiskinan.

JIka kita senantiasa bersyukur atas nikmat yang diberikan olehNya, sekecil apapun itu, niscaya kita akan selalu merasa berkecukupan.

Teringat dengan tetanggaku, yang hanya supir bentor, yang hanya berpindah-pindah rumah kontrakan, tetapi mampu memberi makan dan menyekolahkan 6 orang anaknya. Teringat akan pegawai honor di sekolah iparku yang cuma digaji Tiga Ratus Ribu perbulan, tapi masih bisa memberi makan keluarganya.

Sungguh harusnya Aku memiliki rasa syukur yang lebih besar dari mereka, atas nikmat yang luar biasa dari Allah kepadaku.

Advertisements

6 Comments (+add yours?)

  1. zilqiah angraini
    Aug 26, 2015 @ 02:17:40

    Waaahhhh keren sekali kisah penulisnya..
    Jd penasaran sama bukunya.
    Nice share kak unga ~_~

    Reply

  2. Mugniar
    Aug 26, 2015 @ 06:09:21

    Saya pernah mengalaminya, Bunga.
    Memang, kalau kita yakin cukup, insya Allah cukup adanya. Allah Mahamencukupkan

    Reply

    • bungatongeng
      Aug 26, 2015 @ 08:35:32

      Saya pun pernah mengalami. Jangan melihat siapa saya dan suami saat ini. DI tahun-tahun pertama, saya menjual motor saya, suamipun menjual motor miliknya. Lalu kami mulai dari nol.

      Reply

  3. Maman Suherman
    Aug 26, 2015 @ 06:51:15

    Terimakasih sdh mengapresiasi karya saya dan asti, semoga bermanfaat

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: