Mengapa Ada Hari Belanja Online Nasional?

harbolnas
Yang ber-sosial media, pasti pernah lihat iklan #1212sale. Tahukah anda, jika tanggal 10-12 Desember 2015 adalah Hari belanja online nasional (Harbolnas)? dan bukan kali pertama dilaksanakan. Harbolnas telah menjadi event tahunan sejak tahun 2012. Namun tahun ini, jumlah e-commerce yang bergabung sudah lebih dari 130. Jumlah yang tergolong besar untuk membuat kita bisa bebas memlilih diskon terbesar atau harga termurah.
Diskon di Harbolnas lumayan besar, semua toko menawarkan dari 50% hingga 90%, ditambah lagi promo diskon dari bank atau provider telekomunikasi.

Saya adalah salah seorang dari sekian banyak yang suka belanja online. Hanya saja, saya baru 2 kali belanja di marketplace online popular seperti Lazada, Zalora, Bukalapak, Traveloka dan sebagainya, yang iklannya gencar di sosial media. Lalu belanja online dimana?

Jika ditanya seberapa sering belanja online, saya akan menjawab sudah sering sekali. Saking seringnya, saya sering mendapat pertanyaan-pertanyaan seperti ini dari teman atau kerabat:
1. Pernah ditipu kah?
2. Semua yang dipesan, pasti sampai di rumahkah?
3. Barangnya selalu sesuai dengan yang dipasang di internetkah?
4. Lebih mahal mana, beli online atau di toko?
5. Bagaimana memastikan ukuran bajunya pas?
6. Tidak pernah ukuran kah?
7. Warnanya tidak salah?
8. Kenapa barang yang saya beli, tidak sesuai dengan gambar?
9. Kenapa bahannya nampak tidak sama dengan foto?
10. Kenapa ongkos kirimnya mahal sekali?

Alhamdulillah, saya belum pernah ditipu dan sebagian besar ukuran bajunya cocok dengan badan saya. Produk lainpun, belum pernah mengecewakan. Selama ini, saya lebih banyak belanja di toko online di facebook atau instagram. Pertama kali belanja di Lazada, salah satu marketplace online, karena dapat voucher sebesar 150 ribu dari telkomsel, dengan menukar poin.

Bagi mereka yang belum pernah belanja online, atau pernah belanja, tetapi menerima barang yang tidak sesuai keinginan, atau merasa proses belanjanya berbelit-belit, ada baiknya mencoba belanja online di Harbolnas ini. Hari ini masih ada kesempatan hingga pukul 24.00, lho.

Kembali ke judul postingan ini, mengapa harus ada Harbolnas? Jika mengintip situs harbolnas.com, dituliskan bahwa Harbolnas merupakan perayaan untuk mendorong dan mengedukasi masyarakat mengenai kemudahan berbelanja online (daring) dengan aman dan nyaman.

Survei yang dilakukan oleh Google, dengan menggunakan salah satu fitur tool Google, Consumer Baromete, yang melibatkan sekitar 1200 responden di Indonesia terhitung sejak Januari sampai Maret 2015, terungkap bahwa 67 persen pemilik smartphone di Indonesia rupanya lebih memilih untuk menggunakan smartphone-nya sebagai alat untuk berbelanja online.

Kebutuhan akan belanja online lah, menurut saya, yang juga melatarbelakangi mengapa harus ada Harbolnas. Masyarakat harus mengenal dimana mereka harus belanja online dengan aman, agar terhindar dari penipuan atau kekecewaan karena menerima produk yang tidak sama dengan pesanan.

Dibanding melalui Facebook, Instagram atau website personal, belanja di marketplace online, lebih memberi rasa aman dan nyaman bagi pembeli. Jika dulu, saya mengira hanya bisa transaksi dengan kartu kredit, sekarang jadi tahu bahwa menggunakan kartu debitpun bisa. Malah beberapa toko menawarkan bayar tunai di tempat.
Keuntungan belanja di marketplace online yang sudah terpercaya adalah
1. Harganya sudah tercantum, berbeda dengan di Facebook atau Instagram, yang terkadang mengarahkan lagi calon pembeli untuk bertanya lebih lanjut tentang harga melalui whatsapp, line atau facebook messenger
2. Metode pembayaran tersedia beberapa pilihan. Jika belanja di akun personal facebook atau instagram, kadang nama bank dan nomor rekening diberikan, setelah calon pembeli menanyakannya. Di marketplace online, anda bisa mengecek sendiri sebelum memesan barang
3. Ada pilihan metode pengiriman
4. Ada jaminan pengembalian uang dan barang. Tidak semua marketplace menyediakan fasilitas retur barang, namun banyak diantaranya sudah berani menjamin hal tersebut. Pandai-pandailah memilih toko tempat anda belanja
5. Ada fasilitas bantuan, bagi yang ingin bertanya lebih lanjut tentang spesifikasi produk.

Bagi pengguna Telkomsel atau nasabah bank-bank tertentu, ayo cek sms provider atau email anda sekarang juga, siapa tahu ada fasilitas diskon di Harbolnas hari ini. Lumayan lho diskonnya.

Kesempatan lain, saya akan berbagi, bagaimana caranya belanja online untuk pakaian, tanpa harus kecewa dengan jenis kain atau ukuran yang tidak sesuai dari pakaian yang dibeli, atau spesifikasi yang tidak cocok untuk produk tertentu.

Advertisements

3 Comments (+add yours?)

  1. yuniarinukti
    Dec 12, 2015 @ 05:28:09

    Harbolnas tahun ini benar-benar meriah. Saking meriahnya email saya isinya penuh dengan penawaran-penawaran dan voucher diskon 😀

    Reply

  2. Mugniar
    Dec 16, 2015 @ 10:22:32

    Yang penting berhati-hati yah dalam memilih toko online dan barang.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: