Fotografi Syar’i

Foto terbaruku tuk Upload Kompakan

Foto terbaruku tuk Upload Kompakan

Jangan membayangkan akan menemukan foto perempuan-perempuan berhijab syar’i, yah. Fotografi Syar’i hanyalah istilah saya saja. Sebenarnya ini adalah kegiatan mengambil gambar oleh sekelompok orang yang menjadi follower dari sebuah akun instagram, Upload Kompakan.

Mengapa saya menyebutnya fotografi syar’i? Padahal kompakers, sebutan bagi follower yang kompak posting foto dengan tema seragam ini, tidak semua berhijab, meski sebagian besar mereka adalah perempuan. Follower terdiri atas muslim dan non muslim. Alasan saya yang sebenarnya adalah karena rules yang diberlakukan untuk semua foto yang akan diposting. Apa saja sih, rulesnya?

Foto yang diposting di akun instagram masing-masing, tidak boleh  memperlihatkan anggota tubuh manapun selain jari tangan. Bahkan kaki yang menggunakan kaus kaki pun, tidak boleh. Aturan lainnya, tidak boleh menyertakan hewan atau boneka dalam foto. Hewan yang diperbolehkan, hanya lauk pauk yang sudah dimasak atau yang mentah, yang sudah dipesiang sehingga tidak terlihat bentuk aslinya. Aturan umum tetap berlaku, tidak boleh menampilkan unsur rokok, miras dan pornografi.

Tema harian dan rules nya (sumber: instagram Upload Kompakan)

Tema harian dan rules nya (sumber: akun instagram Upload Kompakan)

 

Dari akun instagram ini, lahirlah komunitas yang bernama Kompakers. Komunitas ini bentukan dari para follower yang kompak memposting foto dengan tema yang sama. Uniknya, setiap hari tema berganti-ganti. Saya adalah seorang kompaker yang tergabung di Kompakers Makassar.

Dengan jumlah saat ini 42.000 follower, beberapa komunitas kompakers telah terbentuk di 37 wilayah. Sebuah komunitas yang tergolong besar, bukan? Saya bergabung atas ajakan seorang teman. Padahal saya tidak pintar-pintar amat, dalam urusan memotret. Tapi seperti yang tercantum di instagram Upload Kompakan, just for fun, saya pun bergabung tuk melakukan hal menyenangkan. Meski kemudian, jadi malah belajar banyak hal tentang fotografi dan juga jadi belajar crafting.

Satu hal yang membuat follower tertantang untuk memposting foto yang bagus adalah karena adanya tantangan tema dan grid. Setiap komunitas kompakers, yang terdiri dari Kompakers Makassar, Bali, Jakarta, Bandung, Jogya, Samarinda, Depok, Balikpapan, Sumut, Bekasi, dan lain-lain, diberi kesempatan secara bergilir, untuk memilih tema harian yang akan dijadikan sebagai tantangan. Komunitas kompakers bersangkutan lah, yang nantinya akan menilai, foto siapa yan gberhak tuk masuk ke grid 4, 6 dan 9. Sebuah kebanggaan dan kepuasan tersendiri, saat foto kita mejeng dalam grid di instagram upload kompakan.

Grid 4 dari tema handuk (sumber: Instagram Upload Kompakan)

Tema handuk (sumber: Instagram Upload Kompakan)

 

Grid 4 dari tema picture on paper (sumber: Instagram Upload Kompakan)

Tema picture on paper (sumber: Instagram Upload Kompakan)

Menurut Inar, bu Lurah dari Kompakers Makassar, upload kompakan berawal dari 4 orang yang hobby posting foto kompakan. Kegemaran mereka membeli piring-piring cantik, kemudian beranjak menjadi suka foto piring-piring mereka dan kompak posting di instagram. Mereka adalah Echi Sofwan, Auliasari, Veravenga dan Teti Muliati. Yuk, kepoin  instagram mereka.

Kegemaran tersebut kemudian mendorong foundernya, Echi Sofwan, tuk membuat sebuah akun di instagram, yang berisi orang-orang yang hobby memposting foto. Tapi mereka ingin menonjolkan syariah. Maka terbentuklah Team UK (Upload Kompakan) yang terdiri atas mereka berempat. Akun ini kemudian resmi hadir pada September 2014.

Dalam fotografi, rupanya ada aliran yang mendukung niat awal mereka tuk posting foto yang memegang prinsip syariah, yaitu still life photography. Fotografi jenis ini, memotret objek yang merupakan benda mati, untuk kemudian dibuat lebih hidup. Agar terlihat hidup, benda mati harus difoto dengan lebih artistik dan mengandung makna.

Still life photography lebih banyak digunakan untuk kebutuhan dunia komersil dan advertising. Produsen makanan, minuman dan benda lainnya, banyak menggunakan jasa ini untuk mempromosikan jualan mereka. Mereka yang berkecimpung dalam bisnis penjualan online, sangat cocok untuk mendalaminya.

Grid 9 dari tema bokeh (sumber: Instagram Upload Kompakan)

Tema bokeh (sumber: Instagram Upload Kompakan)

 

Grid 4 dari tema makanan yang digulung

Tema makanan yang digulung

Meski lebih banyak digunakan sebagai ajang beriklan, Upload Kompakan bersama Team UK nya berhasil membuat aliran fotografi ini menjadi sebuah kegiatan menyenangkan. Khususnya bagi ibu rumah tangga yang doyan masak dan pamer foto masakan serta koleksi peralatan dapurnya. Jangan salah! Seorang kompakers, tak harus punya banyak koleksi peralatan dapur dan property lain, selama ia cerdas dalam memadumadankan apa-apa saja yang ia miliki. Ssst….ada yang malah pake barang pinjaman tetangga sebelah tuk memotret tema tertentu.

Ada sekitar 100 orang lebih yang mengajukan permintaan menjadi follower di akun Upload Kompakan, setiap harinya. Jangan pernah coba-coba untuk posting foto dengan menggunakan hastag uploadkompakan, sebelum dapat approval sebagai follower, karena anda tidak akan pernah disetujui bergabung, jika ketahuan. Sabar hingga admin mengijinkan, baru kemudian boleh posting foto dengan tema harian yang diposting di tiap pukul 22.00-23.00 wib.

Tertarik jadi follower dan bergabung dalam Kompakers di salah satu wilayah? Silahkan follow akunnya dan nikmati sajian foto-foto still life yang menakjubkan.

 

Referensi:

  1. Fotografi-digital.blogspot.co.id/2011/04/still-lifephotography
  2. Instagram Upload Kompakan
Advertisements

2 Comments (+add yours?)

  1. ipul gassing
    Feb 15, 2016 @ 16:23:58

    keren-keren tawwa hasil fotonya hahaha
    suka ka lihat

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: