Dari 50 menuju 500

Beranda Blog Uchi

Beranda Blog Uchi

Dapat tugas review blog teman sesama peserta program Nulis Bareng Sobat. Karena pemilihan blognya berdasarkan urutan peserta, maka otomatis saya dapat bagian kepo-in blognya Uchi.

Tiap berkunjung ke sebuah blog, perhatian pertama saya akan jatuh pada desain blognya. Begitu mengklik link rahmanfauziah.blogspot.co.id, saya disambut dengan theme sederhana dan wiget comel bergambar kelinci lucu. Background putih dengan teks hitam, dipermanis dengan teks judul dan sub judul berwana mint, menunjukkan bahwa si pemilik blog, ingin pengunjung fokus kepada apa yang ia tuliskan.

Sisi kanan memberi informasi bahwa postingan pertama diunduh tahun 2008 dan rupanya blog milik Uchi ini adalah blog kedua yang ia miliki. Berusia 8 tahun, namun hanya berisi 22 tulisan. Mungkin Uchi lebih banyak  menulis di blog yang satu lagi, tebakku.

Karena hemat waktu (padahal sebenarnya saya terburu-buru, lho), saya membuka secara acak postingan Uchi. Sebagian besar tulisan terdiri atas 50-150 kata. Tulisannya lebih sering mencapai 500 kata setelah aktif di program Nulis Bareng Sobat. Alhamdulillah yah. Eh lupa, sebenarnya ada satu tulisan pertamanya yang lumayan panjang, melebihi 500 kata, diposting pada tahun 2009 dengan judul “Kepada Kamu, Dengan Penuh Kebencian.”

Setelah membacanya, di bagian akhir dituliskan bahwa tulisan ini terdapat dalam buku Kepada Cinta, yang berisi kumpulan puisi. Ampun, kirain Uchi mendadak mampu menulis 500 kata, setelah tulisan-tulisan sebelumnya cuma 50 kata, karena sedang mengalami sesuatu yang pantas tuk ditulis. Saya tertipu.

Kategori yang menakjubkan

Kategori yang menakjubkan

Yang seru dari blog berjudul Fauziah Rahman ini adalah, meski cuma berisi 22 postingan, tapi kategori tulisan lumayan banyak, melebihi jumlah tulisan, yaitu ada 25 kategori. Rupanya Uchi doyan menuliskan tentang banyak hal. Mulai tentang Ayah, Anak, Film, IELTS, hingga hujan. Ah..lagi-lagi tentang hujan. Apa yang menarik dari hujan untuk saya yang tiap hari naik motor kesana kemari, selain flu?

Ada satu tulisan menarik, tanpa kategori. Saya mengutip salah satu paragraf dari tulisan berjudul “Sudahlah…!!!.”

Rencananya sih mau buat blog yang “berguna” buat orang lain, tapi saking pengennya buat yang “berguna” jadinya ya… seperti ini alias ngga jadi-jadi, dan sejak dibuatnya blog ini -mungkin sekitar tahun 2009- sampe sekarang -2011-, nggak tau mau tema yang seperti apa. Bayangin aja, sudah sekitar 2 tahun ngerjain blog, isinya saja nggak jelas trus nge-updatenya juga punya jarak yang relatif jauh (banget).
ya…..jadi ngehina blog sendiri, how pity i am…T_T

 

Membaca tulisan Uchi di atas, saya kemudian mencoba menghubungkan dengan ide Nulis Blog Sobat yang ia lontarkan di workshop perencanaan. Uchi sepertinya kekurangan ide menulis atau lebih tepatnya, belum mahir menangkap ide yang begitu banyak di sekitarnya. Anak backpacker miskin ide? Nggak seharusnya lah.

Omelan Uchi atas kurang aktifnya ia ngeblog, bisa dibaca lagi  pada tulisan yang berjudul “(Mungkin) Berubah.” Penasaran? Ia sebenarnya punya niatan besar untuk sering menulis, namun mungkin belum menemukan motivasi yang kuat untuk komitmen menulis. Padahal di tulisan itu, Uchi menyatakan bahwa sejak SD ia suka sekali menulis. Baik cerpen maupun novel tak berujung alias tak kelar-kelar.

Program Nulis Bareng Sobat benar-benar merubah blog Uchi secara drastis. Jika dulunya cuma menulis 50-150 kata, kalaupun lebih dari 150 kata, itu karena mengutip tulisan orang lain yang panjang, di Januari ini sudah mulai menulis 500an kata dan mudah menuliskan ide-idenya. Tiap orang butuh dorongan untuk menulis. Apakah dorongan komitmen diri sendiri maupun dorongan dari orang lain, termasuk dari kewajiban menulis tiap pekan di program Sobat LemINA.

Selamat mengisi blogmu dengan tulisan sebanyak-banyaknya, Uchi.

Advertisements

2 Comments (+add yours?)

  1. samtongili
    Nov 14, 2016 @ 11:10:04

    nulis tema ampl juga dong…

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: