Menu Diet Anti Lesu di Ramadan Ala Nutrishake

2 Scoop Nutrisake dan Shaker  (foto: Koleksi Pribadi)

2 Scoop Nutrisake dan Shaker
(foto: Koleksi Pribadi)

Adakah yang pernah mengalami, berat badan bertambah selepas Ramadan? Meski berpuasa sebulan penuh, berat badan tak kunjung berkurang, malah bertambah. Apa penyebabnya?.

Beruntung bisa hadir sebagai peserta pada bincang cantik “Tetap Sehat dan Berenergi di Bulan Ramadhan” bersama teman-teman Makkunrai Anging Mamiri, yang diselenggarakan oleh Oriflame, sebuah perusahaan yang telah beroperasi sejak 1967. Dilaksanakan pada tanggal 3 Juni 2016, tiga hari menjelang masuknya Ramadan. Wuih, pemilihan waktu yang tepat. Ikut event ini, bikin saya jadi bisa mempersiapkan diri tuk menjalani Ramadan dengan tetap sehat berenergi, sekaligus tetap mempertahankan berat badan. Malah sebenarnya berharap bisa turun, lho.

Menjawab pertanyaan di atas, tentang apa penyebab berat badan bisa bertambah meski sudah puasa selama sebulan, berikut saya akan sharing beberapa hal yang saya peroleh dari presentasi di acara Oriflame tersebut.

Nisfah Khairah, Branch Manager Oriflame tuk Makassar

Nisfah Khairah, Branch Manager Oriflame tuk Makassar (Foto: Koleksi Pribadi)

Nisfah Khairah, Branch Manager Oriflame untuk Makassar, dalam presentasinya menyebutkan bahwa ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh seseorang dalam mengisi hari-harinya di bulan Ramadan, yaitu: tidak sahur, terlalu banyak tidur atau bermalas-malasan, buka puasa dengan makan berlebihan serta menutup Ramadan dengan  pesta makanan tinggi lemak dan gula saat lebaran tiba.

Perilaku salah di ataslah, yang menjadi biang kerok mengapa seseorang bisa menjadi bertambah berat badannya setelah bulan puasa berlalu. Secara rasional, puasa selama sebulan harusnya selain sebagai cara praktis tuk detoksifikasi, juga sepatutnya mampu menurunkan berat badan. Tapi jika perilaku Anda selama bulan Ramadan, sama seperti yang diuraikan di atas, maka siap-siaplah untuk menemukan diri Anda menjadi lebih gemuk seusai Ramadan.

Mengantuk yang menyerang, kadang membuat kita malas tuk bangun dan akhirnya memilih tidak sahur. Ternyata tidak sahur bisa menyebabkan kadar gula darah menjadi rendah sepanjang puasa di siang hari, badanpun jadi lemas dan sulit berkonsentrasi. Sementara terlalu banyak tidur di Ramadan, menyebabkan mudah sakit kepala serta kurang bersemangat. Kesalahan berikutnya adalah buka puasa dengan makan berlebihan tanpa mengukur jumlah kalori yang dikonsumsi, hal ini selain menyebabkan kadar gula tiba-tiba meningkat 2 jam setelahnya, dan secara langsung memperbesar potensi kegemukan.

Untuk tetap segar benergi di Ramadan ini, sekaligus mencegah penambahan berat badan akibat aneka takjil yang menggiurkan saat berbuka, Oriflame menawarkan produknya, Nutrishake, yang bisa membantu mengontrol nafsu makan, sekaligus memenuhi kebutuhan tubuh akan gizi. Dengan kandungan 70 kalori atau setara 1 buah apel, Nutrishake selain mengandung karbohidrat, juga mengandung serat, protein, omega 3 dan omega 6 dari sumber yang alami.

Mengapa harus menjalani Ramadan dengan Nutrishake? Alasannya adalah karena kandungan serat mampu membuat kita tidak loyo saat berpuasa dan protein serta omega 3-nya, mampu memastikan kita tetap fokus, khususnya bagi yang bekerja. Kandungan 70 kalori dalam 2 scoop, bisa mencegah takjil berlebihan dengan yang manis serta mampu membuat tubuh lebih mampu bertahan dari keinginan tuk makan berlebih. Sebuah solusi yang tepat tuk menemani Ramadan Anda, bukan?

Rosyita Yulti Matuh, Diamond Director (foto: Kelokesi Pribadi)

Rosyita Yulti Matuh, Diamond Director (foto: Kelokesi Pribadi)

Rosyita Yulti Matuh, salah seorang member Oriflame yang sudah mencapai posisi diamond director, memberi tips agar hasilnya maksimal. Ia menyarankan bahwa konsumsi Nutrishake yang paling pas saat puasa adalah sebagai berikut:

  • 2 scoop ditambah 250 ml air menjelang imsak
  • 1 scoop ditambah 150 ml air sebelum takjil saat berbuka
  • 1 scoop ditambah 150 ml air sebelum makan besar di malam hari.

Untuk mempertahankan berat badan, atau ingin diet saat Ramadan, maka seseorang harus menghitung dulu kebutuhan kalorinya. Makanlah sesuai kebutuhan kalori tubuh, atau makan lebih sedikit dari kebutuhan, jika ingin diet. Sebesar 70 kalori dari kebutuhan anda, bisa diperoleh dari Nutrishake.

Cara menghitung kebutuhan kalori bisa dilihat di  sini.

Setelah menghitung kalori yang dibutuhkan oleh tubuh anda, putuskan, apakah ingin menjaga berat tubuh yang normal selama Ramadan, atau ingin diet tapi tetap segar bernergi selama menjalankan puasa. Sebagai contoh, setelah menghitung kebutuhan kalori dan disertai pertimbangan aktivitas harian, yang lebih banyak duduk saat puasa serta kurang berolahraga, maka saya memutuskan hanya mengkonsumsi sekitar 1300 kalori saja setiap harinya.

Bagaimana cara mengatur menu makanan, agar bisa menjaga konsistensi jumlah kalori saat puasa? Jangan khawatir, Nisfah memberikan menu ala Nutrishake yang mudah tuk diaplikasikan. Berikut pilihan menu yang telah dihitung besaran kalorinya.

menu hari 1

Sumber: Slide Presentation Oriflame: Sehat Berenergi di Bulan Ramadhan

menu hari 2menu hari 3menu hari 4

Menu di atas, mungkin membuat Anda bertanya “Porsi makanannya kenapa kecil sekali? Apakah tidak akan menyebabkan saya cepat lapar?.”

Jangan khawatir, kandungan serat dari Nutrishake serta bahan alami lainnya, hanya memiliki Glycemic Index (GI) sebesar 28. Ini angka yang rendah. Dengan GI yang rendah, Nutrishake dijamin menciptakan rasa kenyang yang lebih besar dan lebih lama.

Selain membuat segar benergi dan mampu mempertahankan berat badan, Nutrishake juga tergolong minuman yang lezat. Tersedia dalam 3 pilihan rasa. Coklat, vanilla dan strawberry. Tunggu apa lagi? Ayo dicoba di Ramadan ini.

Referensi:

http://health.detik.com/read/2012/03/15/135856/1868251/763/kelebihan-asupan-kalori-tingkatkan-risiko-penyakit-degeneratif

http://id.wikihow.com/Menghitung-Jumlah-Kalori-yang-Harus-Anda-Konsumsi-untuk-Menurunkan-Berat-Badan

http://www.alodokter.com/arti-tinggi-dan-rendahnya-kadar-gula-darah-dalam-tubuh

majalahkesehatan dot com/indeks glikemik arti dan manfaatnya

Advertisements

8 Comments (+add yours?)

  1. astiitah.as
    Jun 26, 2016 @ 13:52:31

    wah kudu dicoba nih supaya dietnya berhasil..

    Reply

  2. Vita Masli
    Jun 30, 2016 @ 09:59:23

    Yahh dak jadi #Pertamax deh.. Kedua juga gpp. Sukses dietnya kak!

    Reply

  3. sarep
    Aug 20, 2016 @ 00:24:51

    aq dah coba kok…..

    Reply

  4. sarep
    Aug 20, 2016 @ 00:26:15

    mau nyobaaaa ahh….

    Reply

  5. sarep
    Aug 20, 2016 @ 13:26:42

    memang menyehatkan……

    Reply

  6. aqso
    Aug 20, 2016 @ 13:30:33

    ya……

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: